NAMA : ADITYA HIRMAWAN
NPM : 20411220
KELAS : 2 IC 06
1.Evolusi Arsitektur Komputer
Yang mencangkup :
A. Perspektif Historis
Arsitektur komputer berhubungan dengan
karakteristik komputer seperti
yang terlihat oleh
programmer.
Historis/sejarah arsitektur komputer yaitu :
>1940 – 1956 : Relay dan Tabung Vakum
>1956 – 1963 : Dioda dan Transistor
>1964 – 1971 : Integrated Circuit (SSI/MSI)
>1971 – Sekarang : Mikroprosesor (LSI/VLSI)
>Sekarang – Masa depan : Kecerdasan Buatan
Generasi
I (1940 – 1956)
>Menggunakan tabung vakum
>Menimbulkan suhu panas yang tinggi
>Membutuhkan tempat yang luas
>Lebih cepat daripada komputer mekanik
>Kapasitas penyimpanan terbatas (1000-4000 byte)
>Menggunakan punched
card untuk memasukkan data
>Informasi bahasa mesin disimpan dalam magnetic drum
>Hasil operasi ditulis dalam kartu kosong
Generasi
II (1956 – 1963)
>Menggunakan transistor
>Magnetic core sebagai penyimpanan internal
>Kapasitas penyimpanan (4 – 32Kbyte)
>I/O lebih cepat (berorientasi pita)
>Bahasa pemrograman tingkat tinggi (COBOL,FORTRAN, ALGOL)
>Ukuran lebih kecil dari komputer generasi I
>Penurunan suhu dibandingkan komputer generasi
I
Generasi
III (1964-1971)
>Menggunakan Integrated Circuit
>Magnetic Core dan penyimpanan yang padat (solidstate) berkapasitas
32Kb – 3Mb
>Lebih fleksibel dengan I/O. Berorientasi disk
>Ukuran lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi II
>Penggunaan bahasa pemrograman tingkat tinggi lebih luas
>Munculnya komputer mini
Generasi
IV (1971 – Sekarang)
>Menggunakan mikroprosesor
>Kapasitas penyimpanan lebih besar dari 3Mb
>Peningkatan dalam rancangan modular dan kompabilitas antara
peralatan yang disediakan oleh pabrik yang berbeda
>Tersedianya program yang canggih untuk aplikasi tertentu
>Kecanggihan peralatan I/O yang meningkat
Generasi
V (sekarang – masa depan)
>Implementasi mekanisme dasar untuk kesimpulan, asosiasi dan
pembelajaran dalam perangkat lunak
>Intelegensi buatan dasar
>Implementasi mekanisme dasar untuk mengambil dan mengatur dasar
pengetahuan
>Pemanfaatan pengenalan pola
B.Klasifikasi Arsitektur Komputer.
Pada komputer terdapat berbagai klasifikasinya dalam
hal appaun. Setiap komputer tentunya memilik klasifikasi masing-masing. Disini
membahas mengenai klasifikasi arsitekturnya menurut Von Neumann dan Non Von Neumann.
Kriteria mesin Von Neumann :
1. Mempunyai subsistem hardware dasar yaitu sebuah
CPU, sebuah memori dan sebuah I/Osistem
2. Merupakan stored-program computer
3. Menjalankan instruksi secara berurutan
4. Mempunyai jalur (path) bus antara memori dan CPU
Pada tahun 1966, Flyyn mengklasifikasikan arsitektur
komputer berdasarkan sifatnya yaitu :
1. Jumlah prosesor
2. Jumlah program yang dapat dijalankan
3. Struktur memori
Menurut Flyyn ada 4 klasifikasi komputer :
1.SISD
(Single Instruction Stream, Single Data Stream)
Satu CPU yang mengeksekusi instruksi satu persatu dan
menjemput atau menyimpan data satu persatu.
2.SIMD
(Single Instruction Stream, Multiple Data Stream)
Satu unit kontrol yang mengeksekusi aliran tunggal
instruksi, tetapi lebih dari satu Elemen Pemroses
3.MISD (Multiple Instruction Stream, Single Data
Stream)
Mengeksekusi beberapa program yang berbeda terhadap
data yang sama.
Adadua
kategori:
- Mesin dengan Unit pemroses berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang tidak ada mesin yang seperti ini)
- Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
- Mesin dengan Unit pemroses berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang tidak ada mesin yang seperti ini)
- Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
4. MIMD (Multiple Instruction Stream, Multiple Data
Stream
Juga disebut multiprocessors, dimana lebih dari satu
proses dapat dieksekusi berikut terhadap dengan datanya masing-masing,
C.Kualitas
Arsitektur Komputer.
1.Generalitas, Generalitas adalah
ukuran besarnya jangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan arsitektur. dan
computer yang terutama digunakan untuk aplikasi bisnis menggunakan aritmetik
decimal.
2.DayaTerap(Applicability), Daya
terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang telah
direncanakannya. Buku ini membahas komputer yang terutama dirancang untuk satu
dari dua area aplikasi utama .
3.Efesiensi, Efisiensi adalah ukuran
rata-ratajumlah hardware dalam komputer yang selalu sibuk selama penggunaannya
biasa. Arsitektur yang efisien memungkinkan (namun tidak memastikan) terjadinya
implementasi yang efisien.
4.KemudahanPenggunaan, Kemudahan
penggunaan arsitektur adalah ukuran kesederhanan bagi programmer sistem untuk
mengembangkan atau membuat software untuk arsitektur tersebut.
5.DayaKembang(Expandibility), Daya
kembang (expandability) adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk
meningkatkan kemampuan arsitektur,misalnya kemampuan ukuran memori maksimumnya
atau kemampuan aritmetiknya.
6.DayaTempa(Maleability), Dua
ukuran yang terakhir daya tempa dan daya kembang umumnya berlaku untuk
implementasi computer dalam satu rumpun.
D.Keberhasilan
Arsitektur Komputer.
Ada beberapa faktor yang paling berpengaruh terhadap
keberhasilan komputer dari dahulu sampai sat ini beberapa diantaranya adalah :
1. Manfaat Arsitektural
2. Kinerja Sistem
3. Biaya Sistem
2.Organisasi
Komputer Dasar.
A.Struktur
Dasar Komputer.
Suatu sistem komputer terdiri dari lima
unit struktur dasar, yaitu:
·
Unit masukan
(Input Unit) yaitu dimana terdapat perintah atau instruksi yang
dilakukan kepada komputer oleh pengguna
·
Unit kontrol
(Control Unit) merupakan suatu unit yang berfungsi untuk mengontrol atau
mengendalikan semua yang terdapat dalam komputer
·
Unit logika
dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit / ALU) adalah suatu
unit dimana berisi fungsi-fungsi logika dan matematika atau perhitungan
·
Unit
memori/penyimpanan (Memory / Storage Unit) yaitu unit
penyimpanan dana yang dilakukan komputer
·
Unit
keluaran (Output Unit) merupakan suatu hasil yang diharapkan dari suatu
inputan yang telah dimasukkan
B.Organisasi
Komputer
Organisasi
Komputer adalah
bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar
komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.
Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat
antarmuka,teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol. Arsitektur
Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer
yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika
yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.Sebagai contoh apakah suatu
komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah
rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung
ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
SUMBER :
1.danigunawan.com/wp-content/plugins/download-monitor/download.php?id=5
Tidak ada komentar:
Posting Komentar