TUGAS KE 3 (INPUT/OUTPUT
UNIT DAN ARSITEKTUR FAMILY IBM PC)
1.INPUT/OUTPUT UNIT .
INPUT DEVICE , adalah perangkat-perangkat keras
komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti
keyboard,mouse ,joystick, dll.
OUTPUT DEVICE , adalah perangkat komputer yang
berguna untuk menghasilkan keluaran , apakah itu ke kertas (hard copy), kelayar
monitor (soft copy) atau keluaran berupa suara . contohnya printer , speaker
plotter , monitor dan banyak yang lainya.
A.SISTEM
BUS .
System bus atau bus sistem, dalam arsitektur komputer merujuk pada
bus yang digunakan oleh sistem komputer untuk menghubungkan semua komponennya
dalam menjalankan tugasnya. Sebuah bus adalah sebutan untuk jalur di mana data
dapat mengalir dalam komputer. Jalur-jalur ini digunakan untuk komunikasi dan
dapat dibuat antara dua elemen atau lebih. Data atau program yang tersimpan
dalam memori dapat diakses dan dieksekusi oleh CPU melalui
perantara sistem bus.
Sebuah
komputer memiliki beberapa bus, agar dapat berjalan. Banyaknya bus yang
terdapat dalam sistem, tergantung dari arsitektur sistem komputer yang
digunakan. Sebagai contoh, sebuah komputer PC dengan prosesor umumnya Intel Pentium 4 memiliki bus
prosesor (Front-Side Bus), bus AGP, bus PCI, bus USB, bus ISA (yang digunakan
oleh keyboard dan mouse), dan bus-bus
lainnya.
Bus disusun
secara hierarkis, karena setiap bus yang memiliki kecepatan rendah akan
dihubungkan dengan bus yang memiliki kecepatan tinggi. Setiap perangkat di
dalam sistem juga dihubungkan ke salah satu bus yang ada. Sebagai contoh, kartu
grafis AGP akan dihubungkan ke bus AGP. Beberapa
perangkat lainnya (utamanya chipset atau kontrolir) akan bertindak sebagai
jembatan antara bus-bus yang berbeda. Sebagai contoh, sebuah kontrolir bus SCSI dapat mengubah
sebuah bus menjadi bus SCSI, baik itu bus PCIatau bus PCI Express.
B.STANDAR
INPUT/OUTPUT INTERFACE .
Standard input/output interface yaitu Penghubung
antara dua sistem atau alat. Media penghubung antara satu subsistem dengan
subsistem lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber daya mengalir
dari satu subsistem ke subsistem yang lainnya. Keluaran (output) dari suatu
subsistem akan menjadi masukan (input) untuk subsistem lainnya dengan melalui
penghubung. Dengan penghubung satu subsistem dapat terintegrasi dengan
subsistem yang lainnya membentuk satu kesatuan. Interface ini, meliputi:
1. perangkat yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu, dan perangkat yang secara tidak langsung mengontrol perangkat lunak.
2. piranti input atau output
3. prosedur pemakaian perangkat. Dalam terminologi perangkat lunak, interface bisa diartikan sebagai tampilan atau cara perangkat lunak bersangkutan berinteraksi dengan penggunanya. Sedangkan dalam terminologi perangkat keras, interface mengacu kepada standar yang digunakan oleh suatu peripheral tertentu untuk berhubungan dengan peripheral lainnya dalam satu sistem.
C.PENGAKSESAN
PERALATAN INPUT/OUTPUT .
Input / Output tergantung pada perspektif mengubah sinyal-sinyal bahwa
pengguna manusia bisa melihat atau membaca. Untuk
pengguna proses membaca atau melihat representasi ini adalah menerima
masukan. Interaksi antara komputer dan
manusia dipelajari dalam bidang yang disebut interaksi manusia-komputer. CPU
dan memori utama dianggap sebagai otak dari komputer, dan dari sudut pandang
adanya transfer informasi dari atau ke kombinasi itu, misalnya
untuk atau dari disk drive, dianggap Input
/ Output. CPU dan sirkuit pendukungnya
menyediakan memori-mapping Input / Output yang digunakan dalam pemrograman
komputer tingkat rendah dalam pelaksanaan driver perangkat. Sebuah Input /
Output merupakan salah satu algoritma yang dirancang untuk mengeksploitasi
lokalitas dan melakukan efisien bila berada pada penyimpanan data sekunder,
seperti disk drive.
Input / Output Interface diperlukan setiap kali Input / Output device
didorong oleh prosesor. Antarmuka harus memiliki logika yang diperlukan untuk
menafsirkan perangkat alamat yang dihasilkan oleh prosesor. Handshaking harus dilaksanakan oleh antarmuka
menggunakan perintah yang sesuai seperti (Sibuk, SIAP, WAIT), dan prosesor
dapat berkomunikasi dengan Input / Output device
melalui antarmuka. Khusus Input / Output
monad, yang memungkinkan program untuk hanya menguraikan Input / Output, dan
tindakan yang dilakukan diluar program. Hal ini penting karena Input / Output
fungsi akan memperkenalkan efek samping untuk setiap bahasa pemrograman, tapi
sekarang pemrograman fungsional murni praktis. Berikut alamat yang
dapat disimpan dalam register. Instruksi akan memiliki register yang memiliki
alamat tersebut. Jadi untuk mengambil data,
instruksi harus mendaftar didekode sesuai dipilih. Isi register akan
diperlakukan sebagai alamat menggunakan alamat lokasi memori yang sesuai
dipilih dan data dibaca / ditulis. Port-mapping
Input / Output biasanya memerlukan penggunaan instruksi yang secara khusus
dirancang untuk melakukan Input / Output operasi.
2.ARSITEKTUR FAMILY
KOMPUTER (IBM) .
A.FAMILY
IBM PC DAN TURUNANNYA.
IBM PC adalah sebutan untuk keluarga komputer
pribadi buatan IBM . IBM PC
diperkenalkan pada 12 Agustus 1981, dan “dipensiunkan” pada tanggal 2 April
1987. Sejak diluncurkan oleh IBM, IBM PC memiliki beberapa keluarga, yakni :
§ IBM 4860 PCjr
§ IBM 5140 Convertible Personal Computer
(laptop)
§ IBM 5150 Personal Computer (PC yang
asli)
§ IBM 5155 Portable PC (sebenarnya
merupakan PC XT yang portabel)
§ IBM 5160 Personal Computer/eXtended
Technology
§ IBM 5162 Personal Computer/eXtended
Technology Model 286 (sebenarnya merupakan PC AT)
§ IBM 5170 Personal Computer/Advanced
Technology .
Komputer personal pertamakali muncul setelah
diperkenalkan mikroprosesor, yaitu chip tunggal yang terdiri dari set register
, ALU dan unit kontrol computer. IBM PC merupakan arsitektur bus tunggal yang
disebut PC I/O Channel BUS atau PC BUS. PC BUS melengkapi PC dengan 8 jalur
data, 20 jalur alamat, sejumlah jalur kontrol dan ruang alamat fisik PC adalah
1 MB
B.KONFIGURASI MIKROKOMPUTER DASAR :
1. Chipset
adalah set dari chip yagn mendukung kompatibel yang mengimplementasikan
berbagai fungsi tertentu seperti pengontrol interupt, pengontrol bus dan
timer.
2. Chip khusus
yang di sebut koprosesor yang beroperasi bersama dengan CPU guna meningkatkan
fungsionalitasnya
C.KOMPONEN IBM PC
1. Sistem Kontrol BUS
Pengontrol BUS , Buffer Data dan
Latches Alamat
2. Sistem Kontrol Intrerrupt
Pengontrol Interrupt
3. Sistem Kontrol RAM dan ROM
Chip RAM dan ROM, Decoder Alamat, dan
Buffer
4. Sistem Kontrol DMA
Pengontrol DMA
5. Timer
Timer Interval Programmable
6. Sistem Kontrol I/O
Interface Paralel Programmable
D.SISTREM SOFTWARE
1. Penetapan Alamat Port I/O
2. Penetapan Vector Interrupt
3. ROM BIOS
4. Penetapan Alamat Memori
E.MANFAAT ARSITEKTURAL ARSITEK KOMPUTER.
1.Kemudahaan penggunaan
2.Daya Tempa
3.Daya Kembang
4.Expandibilitas
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar